Cerita Groep 7

Groep 7 = kelas 5 di Indonesia, ini tahun kedua aku sekolah di Belanda, di kelas ini jadwal sekolahnya sama aja seperti tahun sebelumnya.. oh ya aku masih ikut les Bahasa Belanda seminggu sekali, dan sekarang ditambah ikut les Bahasa Inggris seminggu sekali setiap pulang sekolah..

First days

hari-hari pertama itu selalu seru, sedikit ga asyik karena aku masuknya telat gara-gara aku pulang ke Indonesia, jadi nambah liburnya 2 minggu, makin ga enak rasanya.. ternyata teman-teman kelasnya sama, ga diacak seperti di sekolah lamaku di Indonesia, sedikit kaget tapi ya aku juga relief karena aku masih satu kelas sama temen-temen yang sudah aku kenal. Nah, aku jadi inget susahnya “masuk” ke pertemanan mereka tahun lalu.. dan ternyata mereka ini ga ganti teman dari masuk SD, jadi sudah hampir selama 5 tahun mereka bersama-sama satu kelas, oh pantas saja mereka terlihat akrab banget, trus yaaaa jadi susah dong masuk anak baru.. ya tahun sebelumnya aku pikir karena akunya aja yg dianggap ga cocok sama mereka hehehe.. oh iya, meski temennya sama, Juff-nya ganti, dan mulai tahun ini – aku sama Juff A, guru baruku, had a deal kalo aku mulai harus pakai bhs belanda ngomongnya sama Juff… satu lagi.. di groep 7 kita mulai dapat homeworks (cuman 2x seminggu sih) tapi kaya di indonesia lagi deh rasanya.. ada homeworks! Gosh..

Belajar dengan chromebook

sekarang kami ga pake buku lagi melainkan pake chrome book.. semua buku2 paket dikembalikan ke negara.. di sekolah pakai tematik, tapi umumnya yang selalu ada tiap hari itu belajar Taal kayak spelling dan membaca (Bahasa Belanda) sama Math… di sekolah kami juga ada program Squla, ini belajar online tapi kaya bermain karena programnya quizzes dan games

Berteman

Di tahun ini aku lebih bisa lagi berbahasa Belanda, kemudian aku dapat kesempatan buat kenal lebih dekat dengan teman2 lain karena aku mulai ikut bermain bola.. ternyata, lagi-lagi aku salah, bukan karena aku ga bisa bahasa Belanda trus mereka aku anggap ga mau berteman dengan aku, ternyata ya memang belum ada opportunity buat kenal lebih dekat.. jadi aku langsung aja kalau ada kesempatan aku akan ajak ngobrol teman2.. and it worked! aku merasa punya lebih banyak teman dekat..

Basketball Image result for basket ball 3d

Selain main bola, aku juga suka main basketball, dan di tahun ini aku ikut kompetisi basketball antar sekolah di Enschede… selama dua apa tiga bulan, aku sama teman2 ku latihan 3 kali seminggu setiap pulang sekolah… akhirnya kita nggak menang sih, cuman kami bisa masuk final, tapi it built connection and trust in us… masa latihannya seru banget…

Summer Camp

kita ke summer camp nya naik sepeda sekitar 12 km jauhnya..pas berangkat ada tiga accidents salah satunya aku, jatuh dan tertimpa sepeda, ke pit isinya ada tanaman tajam-tajam yang bikin gatal, dari kecelakaan ini aku dapat luka sepanjang 6 cm di kakiku.

Image result for falling from a bike funny
Kami pergi camp tiga hari dua malam di Den Broam di kota kecil Haaksbergen, disana ada villa besar gitu di tengah hutan lindung dimana anak2 bisa main2.. aku sama teman2 membuat hut besar dari kayu2 yang kami temukan di hutan nya.. terus kita sempat main di mini themepark, berenang, shopping di kota, dan kita punya special evening semacam performance show.. waktu itu, aku masih tidak percaya diri – jadi aku nggak ikut shownya, cuman duduk dan nonton… tapi aku janji sama diri sendiri, tahun depan aku mau ikutan audisinya..Image result for talent show

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Cerita Groep 7

Leave a comment